Senin, 21 Juni 2010

Ukuran Penilaian (Mat 7:1-5)

Andaikan saja tabung gas LPG untuk rakyat yang dalam pengakuan adalah 3 kg itu isinya hanya 2,5 kilo. Penjual menerima pembayaran senilai 3 kg dan mendapat keuntungan cuma-cuma dari 0,5 kg yang hanya diakukan, tetapi realitasnya tidak ada. Konsumen hanya menerima 2,5 kg LPG dengan harga yang dibayarnya untuk 3 kg LPG. Konsumen dirugikan. Ada ketidakadilan.

Atau bayangkan seandainya berbagai alat meteran petunjuk di kokpit suatu pesawat tidak menunjukkan keadaan yang seharusnya. Dapatkah keselamatan penerbangan dijamin?

Metrologi mengembangkan metode presisi dan alat timbangan/ ukuran yang sama dan berlaku universal di mana-mana. Ini menjadi dasar keadilan. Secara berkala Dinas Metrologi melakukan pemeriksaan, penalaan, dan pengujian serta sertifikasi kebenaran-kebenaran alat-alat ukur. Ini berlaku baik bagi alat-alat ukur karakteristik material kuantitatif maupun fitur-fitur kualitatif yang hanya dapat diduga.

Penerapan ukuran ganda (longgar untukku dan segala kepentinganku) dan ketat bagi yang lain, mencerminkan ketidakadilan, maka tidak dikehendaki. Penerapan ukuran ganda umumnya lebih didasarkan pada kekuasaan (sosial-politis-ekonomis), bukan pada keadilan kasih.

Keselarasan alat dan metode pengukuran dalam pergaulan antar-manusia diharapkan dapat memelihara keadilan dan kasih dalam perspektif eskatologis, sampai ketika Tuhan datang menjadi hakim terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar