Sabtu, 05 Juni 2010

HUT ke 75 Sr Marietta OSU dan Persahabatan

Kemarin, Jumat 4 Juni 2010, pukul 18.00 aku diundang menghadiri perayaan ulang tahun ke-75 Sr. Marietta Brotosoedirdjo OSU, yang dilahirkan pada tahun 1935. Diawali dengan suatu Misa Syukur di kapel biara Sancta Trinitas Jl. J.A. Suprapto 55 Malang, yang dipersembahkan oleh Rm Petrus Maria Handoko CM, perayaan itu mengambil tema “Persahabatan”. Sekitar 70 sahabat, saudara dan para suster se komunitas hadir dalam perayaan sederhana itu. Usia 75 tahun adalah usia berlian (diamond). Dan Sr Marietta OSU menunjukkan bahwa usia berlian itu merupakan usia yang penuh kebahagiaan baginya. Ia tidak merasa “terbuang” (Mzm 71:9), tetapi justru mau meremajakan arti persahabatan dengan penuh antusias. Ia telah diundang dalam persahabatan Allah; diundang dalam persahabatan komunitas Ursulin; diundang dalam persahabatan keluarga Allah yang lebih luas lagi dan ia telah menjalaninya sekian lama tanpa “kehabisan kekuatan”. Dan sekarang ia mengaktualkan tema persahabatan itu pada HUT-nya yang ke-75, dan dengan kegembiraan, sukacita dan semangat yang tetap tinggi bermaksud memberi kesaksian kepada para suster muda dalam komunitasnya tentang indahnya jalinan persahabatan, yang tertuju untuk “menambah puji-pujian kepada Tuhan; mulutku akan menceritakan keadilan Tuhan” (Mzm 71:14-15), yang telah dialaminya selama ini.

Dalam buku Misa Syukur HUT ke-75 Sr Marietta OSU dicantumkan kiat persahabatan Yesus yang ditangkap dan dimaknai :

- Memberi kenyamanan yang tak terungkapkan kepada orang lain, sehingga mereka merasa aman bersama kita;

- Membantu mereka agar bebas berbicara tanpa khawatir akan kita khianati atau putarbalikkan;

- Menyimpan apa yang pantas disimpan dan dengan kebaikan hati melupakan sisanya.

“Semakin besar perhatian saya terhadap kebutuhan orang lain, semakin bertambah kekuatan saya untuk membangun persahabatan.”

Proficiat Sr. Marietta OSU. Tuhan menyertai Anda dengan segala limpahan berkatNya. Tetap sehat, lincah, ceria dan penuh semangat menjadi “sahabat Yesus, dan melaksanakan perintah-perintahNya, dan... menghasilkan buah” (Yoh 15:14.16).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar