Jumat, 04 Juni 2010

Tidak Ada yang Instan

Dalam Membangun Kemampuan

Ingatkah Anda ketika belajar naik sepeda atau belajar mengemudikan mobil dulu? Anda tidak akan dapat langsung menguasai ketrampilan itu dengan segera. Anda tentu pernah merasa kecut dan buruk. Bukan karena Anda bodoh atau tolol. Anda tahu bahwa Anda perlu belajar menyeimbangkan diri di atas sepeda, atau antara pedal dan stang (kemudi). Anda tahu bahwa Anda juga perlu belajar melihat kaca spion di atas Anda atau di samping mobil Anda. Lalu Anda harus belajar untuk tetap berada di lajur jalan yang tepat, dan menjaga jarak dengan kendaraan lain. Anda tahu semua itu harus dipelajari.
Belajar mengemudi atau mengendarai sepeda merupakan suatu proses. Begitu Anda menguasai ketrampilan ini, niscaya Anda lupa akan kesalahan-kesalahan dan perasaan kecut dan buruk yang telah Anda alami. Begitu Anda menguasai ketrampilan itu, Anda tak lagi berpikir dalam mengatur tempat duduk dan kaca spion. Ketrampilan itu melekat dan mengikuti diri Anda.
Tapi tak ada keberhasilan yang diperoleh seketika. Dengan cara instan. Keberhasilan dibangun dari banyak usaha, dan banyak pengulangan kegiatan. Pepatah Spanyol mengatakan: “Betapapun dininya kamu bangun, kamu tak dapat mempercepat datangnya fajar.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar