Sabtu, 31 Juli 2010

St Alfonsus Liguori

Alfonsus Liguori (1696-1787), advokat dari Milan yang gagal dalam kerja dan kemudian beralih menjadi imam; dalam masa hidupnya Gereja memperkenalkan pesta devosi rosario (1716), doa sapta kedukaan (1724), dan Doa Angelus (Doa Malaikat Allah) pada 1724 (pada Masa Paus Benediktus XIII) dan 1742 (pada masa Paus Benediktus XIV); pada usia 66 tahun ia menjadi uskup dan kemudian pujangga Gereja, ia mendirikan tarekat imam Congregatio Sanctissimi Redemptoris, CSsR (1732), yang sejak 1956 bekerja di Indonesia juga, terutama di Keuskupan Weetebula (Sumba dan Sumbawa).

Cuplikan beberapa doa St Alfonsus Liguori kepada Yesus:

Hati Yesus yang penuh belas kasih, kasihanilah aku. Bahkan sebelum aku berdosa kepadaMu, O Penebusku, aku tidak layak menerima rahmat begitu besar yang Kau berikan kepadaku. Engkau telah menciptakan aku, memberiku begitu banyak keinginan dan sungguh tak layak aku menerima semuanya itu. Namun setelah berdosa padaMu, aku bukan saja tak pantas Engkau tolong, aku justru pantas tidak Engkau perhatikan selamanya. Namun Engkau sungguh rahim, Engkau menunggu aku dan tetap menjaga hidupku sekalipun di waktu aku memusuhi Dikau. Kerahimanmu membuatku melihat deritaku dan Engkau memanggil aku agar bertobat; Engkau memberikan kepadaku rasa sedih atas dosa-dosaku dan suatu hasrat untuk mengasihi Dikau. Aku sangat berharap dengan pertolongan rahmatMu, aku dapat menjadi sahabatMu lagi. (Frederick M. Jones CSsR, Saint Alphonsus de Liguori: Selected Writings, 1999, hal 232).

O sakramen kasih, entah memberikan diriMu sendiri dalam komuni, entah tinggal bertahta di altar, Engkaulah yang paling tahu bagaimana dengan kasihMu yang lembut Engkau menarik begitu banyak hati kepada Dikau, mereka yang terpikat kepadaMu, penuh kekaguman memandang kasih yang sedemikian, dinyalakan oleh sukacita, dan selalu memikirkan Dikau; sangat merindukan kasihMu, hidup menghamba pada cintaMu. Aku pun, kini dan seterusnya, menyerahkan semua minatku, semua harapanku, semua perasaanku, seluruh jiwaku, segenap ragaku, --- kuserahkan ke dalam tangan-tangan kebaikanMu. Terimalah aku, O Tuhan, dan gunakan aku sesuka Tuhan (The Complete Works of Saint Alphonsus, karya suntingan Eugene Grimm C.Ss.R, volume 6, Redemptorist Fathers, 1927, hal 149-150)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar