Senin, 12 Juli 2010

Tentang Santa Anna, Proto-Injil St Yakobus Bab 6, 7, 8

PROTO-INJIL SANTO YAKOBUS
Diterjemahkan secara longgar, artinya tidak harfiah
oleh: Bambang Kuss

Bab 6
1 Dan anak itu bertambah kuat setiap hari, maka ketika umurnya sembilan bulan, ibunya menurunkannya ke tanah untuk melihat apakah ia bisa berdiri; anak itu berjalan sembilan langkah, kemudian kembali lagi ke pangkuan ibunya.
2. Ibunya mengangkatnya dan berkata, “Demi Tuhan Allahku yang hidup, kamu tak boleh lagi berjalan di atas bumi sampai kubawa kamu ke Bait Allah.”
3. Maka Hana membuatkan untuk anaknya itu suatu kamar sebagai tempat yang kudus, sehingga tidak tersentuh oleh sesuatu yang diharamkan dan apa yang najis tidak datang padanya, namun ia mengundang datang puteri-puteri Israel yang masih suci, tapi mereka menyisihkan anak itu.
4. Ketika umur anak itu genap satu tahun, Yoakim membuat pesta besar, dan ia mengundang para imam, ahli-kitab, para penatua dan segenap orang Israel.
5. Dan Yoakim menyampaikan persembahan korban untuk anak itu, dan mereka memberkati anak itu dengan berkata, “Allah para bapa leluhur kita memberkati gadis ini, dan memberikan nama yang masyhur kepadanya untuk segala angkatan.” Semua yang hadir menjawab, “Amin”.
6. Lalu untuk kali yang kedua, Yoakim menyerahkan anak itu kepada para imam, dan mereka memberkati anak itu dambil berkata, “Ya Allah yang mahatinggi, pandanglah anak ini, dan karuniakanlah kepadanya berkat yang kekal.”
7. Ibunya lalu mengambil anak itu, dan menyusui anak itu, sambil menyanyikan kidung berikut kepada Tuhan.
8. “Aku akan menyanyikan lagu baru kepada Tuhan Allahku, sebab Ia telah melawat aku; Ia telah membebaskan aku dari musuh-musuh yang menghinaku, dan memberikan kepadaku keadilan-Nya, sehingga boleh diberitakan kepada anak-anak Ruben, bahwa Hana telah menyusui anaknya.”
9. Kemudian ia membaringkan anak itu tidur di kamar yang telah ditahirkan, lalu ia keluar lagi untuk melayani tamu-tamu.
10. Dan ketika perjamuan pesta usai, mereka pulang dengan sukacita sambil memuji Allah.


Bab 7
1. Anak itu bertumbuh menjadi besar, dan ketika umurnya dua tahun, Yoakim berkata kepada Hana, “Mari kita membawanya ke Bait Allah, supaya kita melunaskan janji kita, yang telah kita ucapkan kepada Tuhan Allah, supaya Ia tidak memurkai kita dan tidak berkenan kepada persembahan kita.”
2. Namun Hana berkata, “Biarlah kita tunggu hingga tahun ketiga, supaya ia mengenal ayahnya.” Yoakim menjawab, “Kalau begitu baiklah kita menunggu.”
3. Dan ketika umur anak itu tiga tahun, Yoakim berkata, “Marilah kita mengajak gadis-gadis Ibrani yang masih suci, dan biarlah masing-masing dari mereka membawa pelita, dan biarlah mereka menyalakan pelita itu, supaya anak ini tidak berpaling untuk pulang, dan tidak bosan pada Bait Allah.”
4. Hal itu mereka lakukan, sampai mereka naik ke Bait Allah. Dan imam besar menerima anak itu, dan memberkati anak itu sambil berkata, “Maria, Tuhan Allah telah memuliakan namamu kepada semua angkatan, dan hingga akhir zaman Tuhan akan memberikan keselamatan kepada anak-anak Israel.”
5. Imam besar menurunkan Maria pada undakan ketiga dari altar, dan Tuhan memberkatinya, dan Maria menari dengan kakinya, dan seluruh Israel mengasihi dia.

Bab 8
1. Orangtuanya pulang dengan takjub dan memuji Allah, sebab anak itu tidak rewel berbalik kepada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar